Makanan Pantangan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Makanan Pantangan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari Salah satu faktor yang dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh adalah makanan, terutama yang memiliki kadar purin tinggi.

Makanan Pantangan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Restcma – Di dalam tubuh, purin ini dapat dipecah menjadi senyawa yang disebut asam urat (uric acid compound) yang dapat masuk ke dalam darah.

Pada orang normal, mekanisme ginjal dalam hal ini baik, dan sebagian besar senyawa asam urat ini diekskresikan bersama urin. Jika demikian, mengonsumsi makanan tinggi purin tidak menjadi masalah. Karena ginjal bisa mengontrol jumlahnya dengan baik.

Baca Juga : Daftar Obat Asam Urat Di Apotik Beserta Harganya

Namun, bagi yang tidak bisa mengeluarkan asam urat, senyawa ini bisa tetap berada di dalam darah dan menyebabkan kadar asam urat tinggi. Biasanya terjadi pada orang tua dan orang dengan gangguan fungsi ginjal.

Inilah sebabnya mengapa orang yang lebih tua biasanya memiliki kadar asam urat yang lebih tinggi daripada orang yang lebih muda, karena fungsi ginjal dapat menurun secara spontan seiring bertambahnya usia.

Makanan untuk menghindari penyebab asam urat

Setelah menemukan kadar asam urat tinggi, cara bijak selanjutnya adalah mengurangi makanan pemicu.

1. Organ dalam

purin banyak ditemukan pada makanan yang berasal dari organ hewan seperti hati, ginjal, jantung, otak, usus, paru-paru, limpa, ampela dan lidah. Bagi yang memiliki masalah dengan asam urat, makanan tabu ini sebaiknya dihindari. Dari sekian banyak pantangan asam urat, organ dalam memiliki kadar purin paling tinggi.

Baca Juga : Obat Terapi Penyembuhan Covid-19 Pasien Isolasi Mandiri

2. Makanan Laut

Setelah itu, makanan yang membuat Anda terhindar dari asam urat tinggi adalah seafood.

Seafood adalah istilah untuk makanan yang berasal dari laut dan tidak cocok untuk penderita asam urat karena kadar purinnya yang tinggi. Makanan laut dengan purin tinggi seperti sarden, remis, kerang, makarel, tiram, ikan asin, teri, tuna, dan herring harus dihindari.

3. Daging

Makanan pantangan asam urat selanjutnya adalah daging. Kandungan purin daging tidak setinggi organ dalam, sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Jenis daging yang dilarang untuk penyakit asam urat antara lain daging putih seperti daging sapi, kambing, babi, kalkun, kelinci, dan burung puyuh.

4. Sayuran purin tinggi

Tidak hanya makanan yang berasal dari hewan yang mengandung purin, tetapi juga sayuran dengan kadar purin yang cukup tinggi harus dihindari.

Sayuran yang dilarang untuk asam urat termasuk asparagus, jamur, bayam, kembang kol, kacang polong, dan buncis.

5. Bir dan minuman beralkohol lainnya

Kebiasaan minum bir dan minuman beralkohol lainnya tidak hanya mengarah pada kehidupan yang tidak sehat, tetapi juga dapat memperburuk kondisi asam urat.

Tidak hanya metabolisme alkohol yang masuk ke dalam tubuh yang diduga menyebabkan peningkatan asam urat, namun alkohol juga dapat membuat tubuh dehidrasi dan mempersulit ginjal untuk memproses asam urat.

6. Gula

Kemudian pantang asam urat, yaitu gula. Gula mengandung sedikit purin, tetapi selalu disarankan untuk membatasinya.

Hindari juga minuman manis yang mengandung fruktosa, seperti sirup jagung, karena fruktosa dapat meningkatkan kadar asam urat darah.

Related Posts