Berbagai Gejala dan Ciri-Ciri Asam Urat Penting Diketahui

Berbagai Gejala dan Ciri-Ciri Asam Urat Penting Diketahui Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan peradangan pada persendian. Penyakit asam urat dapat menimbulkan berbagai komplikasi dan dapat merugikan kesehatan jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol gejala asam urat agar penyakit tidak berkembang secara serius. Lantas apa saja gejala, ciri, dan tanda penyakit asam urat?

Berbagai Gejala dan Ciri-Ciri Asam Urat Penting Diketahui

restcma – Asam urat atau gout merupakan penyakit yang umum terjadi pada orang dewasa, terutama pria. Penyebab asam urat adalah kadar asam urat yang sangat tinggi. Kondisi ini menyebabkan penimbunan asam urat dan pembentukan kristal asam urat pada persendian sehingga menyebabkan peradangan.

Namun, tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi menunjukkan tanda atau gejala tertentu. Gejala terjadi ketika pasien mengalami serangan asam urat akut atau mengalami kondisi kronis.

Baca Juga : Rekomendasi Obat untuk Penyakit Asam Urat

Serangan asam urat biasanya tiba-tiba dan sering terjadi pada malam hari. Serangan ini dapat terjadi dalam beberapa hari atau minggu. Kemudian, jika kadar asam urat tidak terkontrol, maka akan mereda dalam waktu lama dan berkali-kali sekaligus.

Bagian sendi yang paling sering menimbulkan gejala adalah jempol kaki. Namun, sendi lain seperti lutut, pergelangan kaki, siku, pergelangan tangan, dan jari juga dapat terpengaruh. Secara umum, gejala, tanda, atau tanda asam urat Anda adalah:

  • Nyeri sendi

Nyeri sendi adalah salah satu gejala paling umum ketika kadar asam urat darah tinggi. Nyeri bisa disebabkan oleh kristal asam urat yang terbentuk di bawah kulit di lebih kurang sendi. Kristal ini kecil tetapi cukup tajam untuk menyebabkan rasa sakit pada pasien.

Nyeri sendi biasanya dirasakan pada pagi hari. Kemudian, setelah mengetahui adanya nyeri sendi, menjadi kronis dalam 4-12 jam pertama.

  • Bengkak, sendi lunak

Tanda-tanda asam urat juga bisa diamati dari munculnya sendi yang bermasalah. Sendi yang bermasalah akibat kadar asam urat tinggi menjadi bengkak dan lunak saat ditekan.

Pembengkakan ini dapat terjadi karena kristal kecil, keras, dan tajam yang terbentuk di sendi bergesekan dengan struktur lunak yang memberi nutrisi pada sendi, yang disebut sinovium. Dalam keadaan ini, penempatan membran sinovial mengembang dan melunak saat ditekan.

  • Kulit di sekitar persendian berwarna kemerahan

Tanda lain dari asam urat, kemerahan pada kulit di sekitar sendi yang terkena. Ini adalah reaksi umum ketika ada peradangan.

Alasannya adalah ketika peradangan terjadi, aliran darah ke daerah yang terkena, yang dikenal sebagai vasodilatasi, meningkat. Saat mempengaruhi persendian, kondisi ini menyebabkan kulit persendian yang terkena memerah.

  • Sendi menjadi hangat atau panas

Asam urat juga bisa menimbulkan gejala berupa sendi panas. Bahkan, beberapa orang menjelaskan bahwa persendian mereka terbakar. Selain kemerahan, sensasi panas ini juga merupakan efek dari sistem inflamasi.

Proses peradangan, juga dikenal sebagai peradangan, melepaskan senyawa sitokin ke dalam sistem kekebalan tubuh. Pelepasan sitokin ini dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan pembengkakan sendi yang terkena asam urat, kemerahan, dan kehangatan.

  • Sendi keras

Pada masalah asam urat yang lebih serius, persendian bisa menjadi kaku dan sulit digerakkan. Namun, tanda-tanda ini biasanya hanya terlihat jika Anda telah mengalami beberapa serangan asam urat atau jika Anda menderita asam urat kronis.

Related Posts