Cara Menurunkan Asam Urat yang Efektif dan Mudah

Cara Menurunkan Asam Urat yang Efektif dan Mudah Cara menurunkan asam urat merupakan upaya terapeutik yang bisa kita lakukan untuk mencegah kondisi tersebut semakin parah. Ini murah dan tersedia, tetapi ada banyak bahan alami yang cukup efektif untuk perawatan darurat.

Cara Menurunkan Asam Urat yang Efektif dan Mudah

Restcma – Menurut Wikipedia, asam urat disebabkan oleh konsumsi zat purin yang berlebihan. Tubuh memproses asupan puding menjadi asam urat. Namun, jika kadar asam urat dalam darah naik terlalu tinggi, sistem ginjal akan hancur.

Organ ginjal mengalami kesulitan membuangnya, menyebabkan kristal asam urat menumpuk di persendian. Oleh karena itu, tanda-tanda asam urat menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada persendian.

Baca Juga : Makanan Pantangan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Asam urat disebabkan oleh sistem metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri banyak ditemukan pada semua jenis makanan, termasuk sosis, susu, dan keju.

Asam urat umumnya ditemukan pada pria yang lebih tua. Tapi, tak jarang, penyakit ini juga menyerang kaum muda.

Penyakit ini jarang terlihat pada wanita. Hal ini karena memiliki hormon estrogen yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun, asam urat selalu dapat menyerang siapa saja, terutama mereka yang berusia di atas 30 hingga 60 tahun.

Baca Juga : Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Selama Isolasi Mandiri

Asam urat tidak menimbulkan banyak komplikasi, namun hal semacam ini perlu mendapat perhatian. Selain itu, rasa sakit yang terjadi selama kekambuhan mulai menjadi benar-benar tak tertahankan.

Cara menurunkan asam urat secara alami

Biasanya, jenis komplikasi asam urat sering terlihat seperti munculnya benjolan keras pada persendian, peradangan, atau kerusakan sendi permanen. Nah, ini dia cara mudah menurunkan asam urat dan bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

Konsumsi jus buah ceri

Kandungan senyawa asam dalam buah ceri dapat menyeimbangkan kadar asam urat yang tersedia dalam darah dan urin.

Selain itu, buah ceri juga mengandung kalium dan nutrisi. Kandungan nutrisi ini bermanfaat karena membantu meredakan nyeri sendi akibat asam urat. Cherry memiliki tingkat antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang tinggi yang membantu melawan radikal bebas berbahaya.

Tingkatkan Konsumsi Vitamin C

Cara lain untuk menurunkan asam urat adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Jenis vitamin ini sangat efektif untuk mengatasi peradangan sendi yang tiba-tiba.

Bahkan tingkat antioksidan telah terbukti mengurangi rasa sakit dan melawan efek negatif dari radikal bebas. Merupakan sumber vitamin C tertinggi, salah satunya berasal dari buah jambu biji. Oleh karena itu, pembuatan jus jambu biji saja sebaiknya dilakukan secara rutin di pagi hari untuk mencegah dan meredakan asam urat.

Daun paruh bebek

Formula herbal ini telah lama terbukti sangat efektif sebagai cara untuk menurunkan asam urat dan menghilangkan rasa sakit. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti 5 cengkeh, 5 kapulaga, dan 4 lembar daun paruh bebek. 1 kayu manis, 5 gram biji pala, 10 gram jahe, 600 ml air mineral.

Rebus bahan-bahan tersebut dalam 600 ml air hingga setengahnya lalu bagi menjadi tiga. Cara lainnya, Anda bisa meminumnya secara rutin 3 kali sehari untuk setiap gelas berisi 100 ml.

Related Posts